Friday 1 November 2013

Karakteristik Seorang INFJ "Social Life" (2)

Karir untuk INFJ
Apakah anda seorang dewasa muda yang sedang mencari tempat anda didunia, atau dewasa yang sudah tidak terlalu muda lagi yang sedang mencari tahu  apakah  anda sedang berjalan dijalur yang tepat, sangatlah penting untuk mengetahui diri anda yang sesungguhnya dan karakter sifat anda akan berpengaruh terhadap sukses atau gagal dalam berbagai karir tertentu.  Ini sama pentingnya juga untuk memahami apa yang benar-benar penting bagi Anda.  Saat dibekali pengertian tentang kelebihan dan kelemahan kita, dan kesadaran mengenai nilai sebenarnya diri anda.  Anda berada di posisi yang tepat untuk memilih karir yang menurut anda bermanfaat.
INFJs umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1      Intuitif memahami orang dan situasi, idealistis,  sangat berprinsip, komplek dan mendalam,  pemimpin alami, sensitif dan penuh kasih terhadap orang-orang, berorientasi melayani, berorientasi masa depan, menghargai hubungan yang mendalam dan otentik, berhati-hati mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya, tidak suka berurusan dengan detail kecuali meningkatkan atau mempromosikan visi mereka, terus-menerus mencari makna dan tujuan dalam segala sesuatu, kreatif dan visioner, intens dan sangat reaktif (Tighly Wound=sangat tegang, tidak bisa tenang, dan sangat reaktif), dapat bekerja secara logis dan rasional – menggunakan intuisi mereka untuk memahami tujuan dan bekerja mundur ke arah itu.
INFJ adalah pribadi istimewa yang membutuhkan lebih dari karier daripada pekerjaan, mereka perlu merasa bahwa semua yang mereka lakukan dalam hidup mereka selaras dengan sistem nilai yang kuat didalam diri mereka – dengan apa yang mereka yakini benar. Oleh karena itu, INFJ harus memilih karir di mana mereka dapat menjalani kehidupan mereka sehari-hari sesuai dengan prinsip mereka yg sangat diyakininya, dan yang mendukung mereka dalam pencarian hidup mereka untuk melakukan sesuatu yang bermakna. Karena INFJs memiliki sistem nilai yang sangat kuat, dan visi intuitif persisten yang membuat mereka memiliki rasa “tahu”, mereka akan menjadi lebih baik bila berada diposisi pemimpin daripada pengikut.  Meskipun mereka akan dengan senang hati mengikuti seseorang yang sejalan dengan apa yang mereka (INFJ) dukung, tapi mereka mungkin akan sangat tidak nyaman mengikuti alasan lainnya.
Berikut daftar profesi yang dibangun berdasarkan kesan kami akan karir yang sangat cocok untuk INFJ, Hal ini dimaksudkan untuk menjadi tempat awal, daripada suatu daftar yang lengkap. Tidak ada jaminan bahwa setiap atau semua karir tercantum di sini akan sesuai untuk Anda, atau karir terbaik anda adalah di antara yang terdaftar disini.
Kemungkinan Jalur Karir untuk INFJ:
1.       Rohaniwan / Pekerjaan Keagamaan
2.       Guru
3.       Dokter / Dokter Gigi
4.       Praktisi Alternatif Kesehatan ; Chiropractor, refleksologi
5.       Psikolog
6.       Psikiater
7.       Konselor dan Pekerja Sosial
8.       Musisi dan Artis
9.       Fotografer
10.  Perawatan Anak / Pengembangan Anak Usia Dini


INFJ dalam hubungan asmara
” Untuk mencintai berarti membuka diri untuk dapat menerima hal-hal negatif dan juga positif – kesedihannya, penderitaannya, dan kekecewaan serta sukacitanya, pemenuhannya, serta intensitas kesadaran yang kita tidak mengetahui sebelumnya bahwa itu mungkin dilakukan.” – Rollo May
INFJ pribadi yang hangat, perhatian kepada pasangannya dan merasakan kedalaman cinta yang hebat terhadapnya.  Mereka menikmati untuk menunjukkan cintanya, dan menginginkan untuk mendapatkan afirmasi balik dari pasangannya.
Mereka seorang perfeksionis, selalu berusaha untuk mencapai hubungan yang paling puncak (ultimate relationship).  Hal ini terkadang bisa membuat frustasi pasangan mereka, yang merasa menjadi subjek dari sifat menuntut keperfeksionisan mereka. Namun, mungkin juga akan sangat dihargai, karena hal itu menunjukkan komitmen yang tulus terhadap hubungan tersebut, dan juga kedalaman kepedulian yang biasanya tidak hadir pada tipe jenis lain.
secara Seksual, INFJs melihat keintiman sebagai pengalaman hampir secara spiritual.  Mereka merangkul kesempatan untuk mengikat hati dan jiwa mereka kepada pasangan mereka.  Sebagai individu yang berorientasi melayani, sangat pengting bagi mereka bahwa pasangan mereka bahagia.  Keintiman adalah kesempatan bagi INFJ untuk memberi tanpa pamrih cinta mereka, dan mengalaminya dengan dengan cara yang nyata.
Meskipun dua individu yang berkembang dengan baik dari jenis apa pun dapat menikmati hubungan yang sehat, mitra alami INFJ adalah yang ENTP, atau ENFP. Fungsi dominan INFJ yaitu Intuisi Introvert (Introvert Intuition) paling cocok dengan tipe kepribadian yang didominasi oleh Intuisi Extraverted (Extraverted Intuition).
INFJ Sebagai Orang Tua
” Kau adalah busur dari anak-anakmu sebagai anak panah “hidup” yang diutus untukmu.
Biarkan lentur di tangan pemanah untuk sukacita;
Karena sebagaimana Dia mengasihi anak panah yang berterbangan,
juga Dia mengasihi busur yang stabil”  — Kahlil Gibran
INFJ biasanya menjadi orang tua yang hangat dan sangat peduli. Tujuan mereka adalah untuk membantu anak-anak mereka menjadi manusia dewasa yang tahu perbedaan antara benar dan salah, independent, dan individu yang berorientasi kepada perkembangan.
Dalam menuju tujuan mereka, umumnya mereka sangat hangat dan penuh perhatian, dan cenderung memperlakukan anak-anak mereka sebagai individu yang memiliki suara dalam pengambilan keputusan keluarga. Mereka ingin anak-anak mereka untuk bisa berpikir sendiri, dan membuat keputusan yang tepat. Mereka juga bisa sangat menuntut pada anak-anak mereka, dan mungkin memiliki harapan yang sangat tinggi pada tingkah laku mereka. Meskipun mereka umumnya bersuara lembut dan lemah lembut, mereka bisa menjadi keras kepala dan berlidah tajam pada waktu ketika harapan mereka tidak terpenuhi, atau ketika berada di bawah banyak tekanan.
INFJs mengambil peran orangtua mereka dengan keseriusan tertinggi. Mereka akan berkorban demi anak-anak mereka tanpa berpikir, dan tanpa penyesalan. Menyampaikan nilai-nilai mereka kepada anak-anak mereka merupakan prioritas serius dalam kehidupan mereka. Anak-anak dari INFJ mengingat orang tua mereka yang penyayang sebagai hangat, sabar, dan menginspirasi.
INFJ Sebagai Teman
Meskipun INFJ menempatkan teman setelah Tuhan dan keluarga dalam hubungannya dengan prioritas kepentingan, mereka sangat menghargai nilai pertemanan. Sebagai seorang idealis yang mempunyai nilai yang sangat kuat, INFJ mencari otentisitas dan kedalaman dalam hubungan dekat mereka, dan terutama menghargai orang-orang yang dapat melihat dan menghargai INFJ atas sebagaimana mereka adanya dan apa yang mereka perjuangkan.
INFJ cenderung menghabiskan banyak waktu bersosialisasi dengan anggota keluarga mereka. Jika mereka religius, mereka akan bersosialisasi jugan dengan anggota komunitas religius mereka. Setelah itu, INFJ mungkin memiliki teman yang diwakili dari berbagai tipe kepribadian yg mana saja. Mereka biasanya individu yang sangat intuitif, yang tidak memiliki kesabaran bagi siapa saja yang mereka anggap tidak jujur dan korup. Mereka tidak tertarik untuk bersama dengan orang-orang semacam itu.
Semua jenis orang tertarik terhadap INFJ. Mereka biasanya cukup populer, meskipun mereka mungkin tidak menyadari hal itu, karena mereka tidak menganggap penting hal tersebut.

INFJ dihargai oleh teman-teman dekat mereka akan kehangatan dan pribadinya yang penuh pertimbangan, cara baru dan menarik mereka dalam melihat sesuatu, dan akan kemampuan mereka untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.

No comments:

Post a Comment