Friday 1 November 2013

Karakteristik Seorang INFJ (1)

Sebagai INFJ mode utama anda dalam kehidupan berfokus kedalam, dimana anda mengambil segala sesuatunya terutama melalui intuisi anda. Mode kedua anda adalah dari luar (eksternal), dimana anda berhadapan dgn segala sesuatu sesuai dengan apa yang anda rasakan terhadapnya, atau bagaimana itu cocok dengan sistem nilai pribadi anda.
INFJ itu pribadi yang lemah lembut, peduli, dan individu yang mempunyai intuisi yang sangat kuat. Artistik dan kreatif, mereka hidup didunia yang penuh dengan arti tersembunyi dan berbagai kemungkinan. Hanya 1% dari populasi yang mempunyai tipe kepribadian INFJ, membuat mereka menjadi tipe yang paling langka dari semua tipe kepribadian (MBTI).
Sangat penting untuk menempatkan segala sesuatu secara teratur dan sistematis di lingkup luar kehidupan INFJ. Mereka mengerahkan segala kemampuan untuk mengidentifikasi cara terbaik dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan, dan secara terus-menerus mendefinisikan dan meredefinisi prioritas dalam hidup mereka. Namun disisi lain didalam diri mereka INFJ beroperasi dengan cara intuitif yang seluruhnya terjadi secara spontan. Mereka mengetahui segala sesuatu secara intuitif, tanpa bisa menjelaskan dengan tepat mengapa, dan tanpa pengetahuan spesifik mengenai subjek masalah yang ada. Tapi mereka biasanya benar, dan mereka biasanya mengetahuinya. Konsekuensi dari itu semua, INFJ sangat mengandalkan insting dan intuisi mereka. Ini yang terkadang menjadi konflik antara dunia didalam diri mereka dan dunia diluar diri mereka, dan menjadikan INFJ tidak se-terorganisasi seperti tipe “Judging” yang seharusnya. Atau kita bisa melihat beberapa tanda ketidakaturan dari kecendrungan keteraturan yang sebaliknya terjadi, seperti meja kerja yang selalu berantakan.
INFJ mempunyai pengetahuan yang luar biasa tentang manusia dan terhadap berbagai macam situasi. Mereka mendapatkan “perasaan” terhadap sesuatu hal dan secara intuitif memahaminya.
Sebagai contoh ekstrim, beberapa INFJ melaporkan pengalaman yang bersifat psikis, seperti mendapatkan perasaan kuat bahwa sedang terjadi masalah dengan orang yang dicintainya, lalu kemudian mereka ditemukan sedang dalam kecelakaan kendaraan. ini adalah hal2 dimana tipe2 lain mencemooh dan mengejek, dan mereka sendiri (INFJ) tidak terlalu mengerti intuisi mereka sendiri kepada level yang dapat diungkapkan dengan kata-kata. Konsekuensi dari itu semua, kebanyakan INFJ menjadi protektif pada batin mereka sendiri. Hanya berbagi ketika mereka memilih untuk berbagi dan kapan mereka memilih untuk berbagi. Mereka pribadi yang dalam, individu yang cukup rumit, dan pada umumnya sulit untuk dimengerti. INFJs menahan sebagian dari diri mereka, dan cenderung suka ber-rahasia.
INFJ memiliki kepribadian yang hangat, meskipun mereka kompleks. INFJ mempunyai tempat yang spesial dihati orang2 yg dekat pada mereka, orang2 yg dapat melihat anugrah khusus mereka dan kedalaman kepedulian mereka. INFJ sangat peduli pada perasaan orang lain, dan mencoba dgn lemah lembut untuk menghindari melukai perasaan orang lain. Mereka sangat sensitif terhadap konflik/masalah, dan tidak bisa mentoleransinya dgn cukup baik. Situasi yang penuh dgn konflik, dapat menjadikan INFJ yang pada dasarnya damai pada keadaan bergejolak atau kemarahan yg tertumpuk. Mereka cenderung untuk menginternalisasi konflik kedalam tubuh mereka, dan mengalami masalah kesehatan pada kondisi stress berat.
Karena INFJ mempunyai kemampuan intuisi yang sangat kuat, mereka mempercayai insting mereka dibanding hal lainnya. Ini yang kadang menjadikan kekeraskepalaan seorang INFJ dan kecendrungan untuk mengabaikan pendapat orang lain. Mereka percaya bahwa mereka benar.  Pada sisi lain INFJ adalah seorang Perfeksionis yang ragu bahwa mereka telah hidup pada potensi penuh mereka. INFJ jarang mencapai kedamaian penuh dgn diri mereka – selalu saja ada cara untuk meningkatkan keadaan diri mereka dan dunia disekitar mereka. Mereka percaya pada pertumbuhan yang konsisten, dan jarang meluangkan waktu untuk bersenang-senang dalam pencapaian mereka. Mereka memiliki sistem nilai yang sangat kuat, dan memiliki kebutuhan untuk menjalani kehidupan sesuai dengan apa yg mereka rasa benar. Sebagai penanda terhadap aspek “Feeling” dalam kepribadian mereka, INFJ disisi lain lemah lembut dan pandai bergaul (easy going). Namun sebaliknya, mereka memiliki ekspektasi tinggi terhadap diri mereka, dan seringkali juga terhadap keluarga mereka. Mereka tidak percaya untuk mengkompromikan idealisme mereka.
INFJ adalah seorang pengasuh alami, sabar, setia dan protektif. Mereka menjadi orang tua penuh kasih sayang, dan biasanya memiliki ikatan yang kuat dengan keturunannya. Mereka memiliki harapan yg tinggi terhadap anak2 mereka, dan mendorong mereka menjadi yg terbaik yang mereka bisa. Hal inilah yang kadang mewujudkan seorang INFJ menjadi keras kepala dan bandel. Tetapi pada umumnya anak2 dari INFJ mendapat pengabdian dan bimbingan orang tua yang tulus, digabungkan dengan mendapat perhatian yang mendalam.
Didalam dunia kerja INFJ biasanya muncul di daerah di mana mereka bisa kreatif dan mungkin agak independen. Mereka memiliki hubungan alamiah dengan seni, dan banyak yg berprestasi dalam bidang ilmu pengetahuan (sciences), di mana mereka memanfaatkan kemampuan intuisi mereka. INFJ kadang juga ditemukan pada profesi yang berorientasi pelayanan, mereka tidak pandai berurusan dengan rincian-rincian yg tidak penting dan tugas-tugas yang terlalu mendetail. INFJ akan menghindari hal2 seperti itu, atau akan jatuh ke sisi ekstrim lain, dan menjadi terlalu terfokus dengan detail dimana mereka tidak bisa lagi untuk melihat gambaran besar. Seorang INFJ yang telah menjadi sangat teliti terhadap detail bisa menjadi sangat kritis terhadap orang lain yang seharusnya tidak begitu.
Individu INFJ dikaruniai anugrah yang tipe lain tidak mereka dapatkan. Hidup tidak selalu mudah bagi INFJ, tapi mereka mampu untuk memiliki kedalaman perasaan yang hebat dan mencapai pencapaian pribadi.

INFJ Relationship
Infj adalah pribadi yang hangat dan juga tipe yang suka menguatkan dan juga biasanya mendalam dan kompleks.  Mereka cenderung mencari dan mendukung hubungan yang kuat dan bermakna. Mereka cenderung perfeksionis, dan selalu berjuang untuk Hubungan yang paling puncak (ultimate relationship). Sebagian besar, ini adalah sifat yang positif, namun terkadang berfungsi sebaliknya (menjadi negatif) pada INFJ jika mereka jatuh ke dalam kebiasaan berpindah dari satu hubungan ke hubungan, selalu mencari mitra yang lebih sempurna.  Secara umum, INFJ adalah orang yang sangat hangat dan penuh perhatian dan banyak menginvestasikan untuk “kesehatan” hubungan erat mereka,dan menhabiskan banyak upaya untuk tetap membuatnya positif.  Mereka dihargai oleh orang-orang yang dekat dengan mereka akan kualitas-kualitas spesial mereka. Mereka mencari hubungan jangka panjand dan untuk seumur hidup, meskipun mereka tidak selalu mendapatkannya.
Kekuatan INFJ
1.       Hangat dan menguatkan secara alamiah.
2.       Berdedikasi untuk mencapai hubungan yang paling puncak (ultimate relationship).
3.       Sensitif dan peduli pada perasaan orang lain
4.       Biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama komunikasi tertulis.
5.       Memandang komitmen mereka dengan sangat serius, dan mencari hubungan seumur hidup.
6.       Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk dirinya dan orang lain (baik kekuatan dan kelemahan)
7.       Pendengar yang baik
8.       Mampu untuk melanjutkan setelah hubungan telah berakhir (begitu mereka yakin telah berakhir)
Kelemahan INFJ
1.       Kecenderungan untuk merahasiakan sebagian dari diri mereka.
2.       Kurang baik dengan uang dan dalam kebutuhan hidup praktis sehari-hari.
3.       Tidak menyukai secara ekstrem segala bentuk konflik dan kritik.
4.       Memiliki harapan yang sangat tinggi untuk dirinya dan orang lain (baik kekuatan dan kelemahan).

5.       Memiliki kesulitan untuk meninggalkan hubungan yang buruk.

5 comments:

  1. hai...
    saya lg nyari info ttg infj dan nemuin blog ini. Kebetulan saya infj-t, thanks ya infonya bagus :)

    ReplyDelete
  2. Hai..teman-teman infj-T..aku juga..

    ReplyDelete
  3. Aku infj juga.....hai semuanya..

    ReplyDelete